by

5 Amalan Bulan Dzulhijjah

Seorang muslim wajib paham agamanya. Di dalam Islam, setiap bulan ada keutamannya. Meski itu bukan bulan Haram. Misalnya bulan Dzulhijjah. Pada bulan ini umat islam merayakan hari raya idul Adha. Ada amalan bulan dzulhijjah yang harus kamu lakukan. Terlebih bagi yang ingin kurban.

Nah, pada ulasan mengenai amalan bulan dzulhijjah ini, setidaknya ada 6 amalan yang wajib kamu pahami. Semuanya mengandung keutamaan yang besar.

Tertarik untuk mengetahui amalan apa saja? mari kita simak ulasan di bawah ini.

Amalan Bulan Dzulhijjah

Pada bulan ini, ada 10 hari yang sangat utama. Sepuluh hari pertama di bulan dzulhijjah mengandung manfaat besar. Bahkan para ulama mengatakan, lebih utama dari 10 hari terakhir di bulan ramadan.

Sebab ramadhan hanya malamnya yang utama, karena ada  Lailatul Qodr. Sedangkan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah keutamaannya siang dan malam.

Apa dasar dari pendapat itu? simak perkataan hadis berikut.

Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah).” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.“ (HR. Abu Daud no. 2438, At Tirmidzi no. 757, Ibnu Majah no. 1727, dan Ahmad no. 1968, dari Ibnu ‘Abbas. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih sesuai syarat Bukhari-Muslim.)

Penjelasan dari Ibnul Qoyyim soal keutamaan 10 hari terakhir ramadhan dan 10 hari pertama dzulhijjah akan menambah referensi ilmiah kamu.

“Sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan lebih utama dari sepuluh malam pertama dari bulan Dzulhijjah. Dan sepuluh hari pertama Dzulhijah lebih utama dari sepuluh hari terakhir Ramadhan. Dari penjelasan keutamaan seperti ini, hilanglah kerancuan yang ada. Jelaslah bahwa sepuluh hari terakhir Ramadhan lebih utama ditinjau dari malamnya. Sedangkan sepuluh hari pertama Dzulhijah lebih utama ditinjau dari hari (siangnya) karena di dalamnya terdapat hari nahr (qurban), hari ‘Arofah dan terdapat hari tarwiyah (8 Dzulhijjah).”

Sudah paham, maksud keutamaan dari keduanya? sekarang kita masuk ke amalannya. Simak ya, jangan sampai tidak.

5 Amalan Bulan Dzulhijjah

 

1. Taubat

Ini yang wajib dilakukan. Karena taubat dan meninggalkan kezaliman adalah kewajiban besar. Dan tentu saja, meninggalkan maksiat serta kezaliman akan membawa keberuntungan. Apalagi di bulan haji yang hanya ada 1 tahun sekali.

Taubat ada banyak sekali dalilnya. Tidak perlu dirinci, kamu bisa cari sendiri di internet atau semisalnya. Akan tetapi, salah satu dalil wajibnya taubat ada di bawah ini. Simak ya!

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya.” [At Tahriim : 8].

Taubat hukumnya wajib. Dan menjadi syarat keberuntungan. Yuk kita taubat, Kawan.

2. Kurban

Pada tanggal 10 Dzulhijjah, tepatnya hari Nahr, disyariatkan untuk berkurban hewan. Hewan sembelihan hanya pada kategori tertentu misalnya kambing, domba, sapi, onta dan semisalnya. Secara umum, perintah kurban ada pada kisah Nabi Ibrahim.

Dan kurban di sini maksudnya menyembelih dengan niat untuk Allah. Dagingnya dibagikan kepada beberapa golongan yang disyaratkan oleh agama. Dalam alquran berikut ayat yang memerintahkan kurban.

 “Maka kerjakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).” (QS. Al-kautsar:2)

3. Menunaikan Haji dan Umrah

Bulan ini diperintahkan untuk menunaikan haji dan umrah bagi yang mampu. Haji dan umrah banyak banget keutamaanya. Salah satunya adalah menghilangkan kemiskinan seperti api menghilangkan karat dari besi, itu menurut berita Nabi.

Seperti halnya kurban, haji pun hanya bagi yang mampu. Jika tidak mampu, tidak ada syariat untuk berkurban. Nah, perintah haji ada dalam alquran, berikut. Simak ya.

“Di sana terdapat tanda-tanda yang jelas, (di antaranya) maqam Ibrahim. Barangsiapa memasukinya (Baitullah) amanlah dia. Dan (di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Barangsiapa mengingkari (kewajiban) haji, maka ketahuilah bahwa Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) dari seluruh alam.” (QS. Ali-imran: 97)

4. Puasa

Sunnah memperbanyak puasa, mulai tanggal 1-9 dzuhijjah. Sebagaimana sabda nabi berikut. Dari Hunaidah bin Kholid, dari istrinya, beberapa istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan,

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari ‘Asyura’ (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya

Puasa pada bulan ini sebaiknya dilakukan. Ajak keluarga, dan kerabat. Pahalanya pun besar sekali.

5. Takbir dan Zikir & Perbanyak amal Shalih

Termasuk pada amal shalih. Karena itu lakukan juga takbir dan zikir, perbanyak sedekah dan sambung silaturahmi.

Imam Bukhari rahimahullah menyebutkan,

Ibnu ‘Abbas berkata, “Berdzikirlah kalian pada Allah di hari-hari yang ditentukan yaitu 10  hari pertama Dzulhijah dan juga pada hari-hari tasyriq.” Ibnu ‘Umar dan Abu Hurairah pernah keluar ke pasar pada sepuluh hari pertama Dzulhijah, lalu mereka bertakbir, lantas manusia pun ikut bertakbir. Muhammad bin ‘Ali pun bertakbir setelah shalat sunnah

Nah, itulah amalan bulan dzulhijjah yang bisa kamu amalkan. Catat dan jangan sampai lupa, mulai dari taubat kemudian berpuasa, kurban jika ada rezeki lebih. Jika tidak ada minimal jangan sampai tidak melakukan amalan tersebut.

Sekiranya sampai di sini dulu ya, Kawan Nita sekalian. Artikel ini akan disambung lagi dengan resep idul adha yang menarik juga. Selamat mencoba. Sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang.

Penulis: Admin

Gravatar Image
Penyuka makanan pedas dan seorang ibu rumah tangga anak dua. Sedang belajar menulis cerita yang baik dan benar. Lulusan Teknik Informatika UNSIQ Wonosobo. Sedang menekuni belajar bahasa Indonesia dan tata bahasa...

Rekomendasi Pembaca