by

Bulan Ramadhan 2021 Masih Dibayangi Korona? Simak Tips Puasa Sehat Tanpa Virus yuk!

Bulan Ramadhan 2021 – Setahun lebih virus Korona melanda dunia. Meski vaksin sudah ditemukan, namun belum sepenuhnya terkendali. Bulan puasa tahun ini masih dibayangi Korona. Lalu gimana sih biar puasanya lancara? tentu menjaga kesehatan adalah jawabannya.

Tenang. Kawan Nita sekalian, ada beberapa tips menarik yang bisa kalian pakai agar puasa lancar. Dan tetnu saja sehat tanpa virus. Apa saja tips tersebut? mari kita simak!

Bulan Ramadhan 2021 tanpa Korona

1. Menjaga Kebersihan Badan dan Rumah

Menjaga 3M, sesuai anjuran pemerintah adalah kuncinya. Selalu bawa handsanitizer, dan pakai masker. Selain itu seminggu sekali bersihkan rumah dan semprot dengan disinfektan. Data dari dinkes, serangan virus kedua lebih banyak mengenai orang yang lalai.

Awalnya sudah berhasil ditangani. Mereka yang lalai kemudian mengabaikan protokol kesehatan. Virus pun masuk ke dalam tubuh. Jadilah penyintas Korona tahap dua.

2. Menjaga Asupan Gizi

Penting banget, gizi seimbang akan membuat tubuh jadi sehat. Kalau sudah begini virus pun akan susah bersarang. Sebagian dari kita makan hanya soal enak dan tidak enak. Jarang yang memerhatikan soal gizi.

Puasa tahun ini ubah ya. Perhatikan asupan gizi dan pastikan juga menjaga 3M. Keitika kita sudah ikhtiar selanjutnya serahkan sama Allah hasilnya.

3. Jangan Lupa Makan Sahur

Penting banget. Makan sahur jangan sampai lupa, apalagi sengaja ditinggalkan. Karena ini salah satu penyebab kuat dalam berpuasa. Pastikan juga minum air putih hangat agar tidak kekurangan cairan. Setelahnya asupan gizi ketika makan sahur jangan sampai dilewatkan.

Ketika makan sahur, usahakan tidak mengkonsumsi makanan berminyak tinggi, pedas. Dan, gula tinggi. Perbanyak makan buah dan sayuran.

4. Segera Berbuka Puasa

Saat perut kosong, usahakan minum air hangat. Baru kurma, kalau tidak ada kurma buah segar, atau bisa teh manis hangat. Yang perlu dihindari ketika berbuka adalah es, air dingin. Gorengan. Bukan tidak boleh, namun usahakan konsumsi makanan berat dulu baru makan atau minum keduanya.

Nah, tips yang harus dipahami juga, jangan berbuka puasa sampai kekenyangan. Berbuka secukupnya saja agar tarawih lancar dan tidak mengantuk. Karena kenyang hanya akan menaikkan kadar gula darah dan ngantuk deh.

5. Banyak Berdoa

Virus korona Allah yang memiliki. Yang bisa mengambil hanya Allah, dan yang bisa melindungi kita hanya Allah. Setelah melakukan ikhtiar dari arah yang disangka-sangka tadi, lakukan juga ikhtiar utama. Bulan puasa adalah bulannya doa. Kesempatan ini jangan sampai dilewatkan.

Selama bulan ini perbanyak doa, mohon pada Allah agar terhindar dari Korona dan mintalah agar virus segera diangkat dari ata muka bumi ini.,

Nah, Kawan Nita sekalian, sampai di sini paham, kan, apa yang harus dilakukan? bulan Ramadhan 2021 belum bisa dipastikan bebas Korona. Lakukan ikhtiar sejak dini dan jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan baik di rumah maupun di luar rumah. (es)

Penulis: Admin

Gravatar Image
Penyuka makanan pedas dan seorang ibu rumah tangga anak dua. Sedang belajar menulis cerita yang baik dan benar. Lulusan Teknik Informatika UNSIQ Wonosobo. Sedang menekuni belajar bahasa Indonesia dan tata bahasa...

Rekomendasi Pembaca