by

Ada Petir? Jangan Panik! Baca Doa Mendengar Petir yang Sesuai Ajaran Islam

-Doa-108 views

Doa Mendengar Petir – Hujan adalah rahmat dari Allah, sedangkan petir adalah teriakan malaikat ketika mengatur hujan. Sehingga dianjurkan untuk membaca doa. Dari beberapa literatur doa mendengar petir tidak ada yang sampai kepada Nabi Muhammad ‘alaihi Shalatu Wassalam. Melainkan hanya kepada sahabat saja.

Meski begitu, anjuran dari sahabat atau perilakunya tetap wajib diikuti dan ini menjadi Astar (Perilaku dan ucapan nabi). Maka doa mendengar petir yang dicontohkan para sahabat nabi harus diamalkan.

Petir bukanlah azab. Melainkan sebuah karunia Allah untuk alam semesta. Meski begitu manusia harus waspada, sebab petir pun bisa membaca petaka. Islam menganjurkan untuk berlindung dari petir, dari semua keburukan.

Ada beberapa doa yang sahih dari sahabat nabi. Kamu bisa catat dan hafalkan. Mudah banget dihafalkan. Menghafal doa apapun itu, akan membawa bahagia, keselamatan. Jadi, mari kita simak.

Doa Mendengar Petir

1. Dari Sahabat Abdullah bin Zubair

Berikut adalah doa ketika mendengar petir.

Apabila Abdullah bin Az-Zubair mendengar petir, dia menghentikan pembicaraan, kemudian mengucapkan,

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمِدِهِ وَالْمَلاَئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

Subhaanalladzi yusabbihur ra’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatihi

“Maha Suci Allah yang halilintar bertasbih dengan memuji-Nya, begitu juga para malaikat, karena takut kepada-Nya” (Al-Muwaththa’ 2/992. Al-Albani berkata: Hadits di atas mauquf yang shahih sanadnya.)

 

2. Dari Sahabat Ikrimah

Doa yang lain, dari ‘Ikrimah mengatakan bahwasanya Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhuma tatkala mendengar suara petir, beliau mengucapkan,

سُبْحَانَالَّذِي سَبَّحَتْ لَهُ

‘Subhanalladzi sabbahat lahu’

“ Maha suci Allah yang petir bertasbih kepada-Nya”

Kemudian beliau menguatakan,

”Sesungguhnya petir adalah malaikat yang meneriaki (membentak) untuk mengatur hujan sebagaimana pengembala ternak membentak hewannya.” (Lihat Adabul Mufrod no. 722, dihasankan oleh Syaikh Al Albani)

Nah, itulah doa mendengar petir yang benar sesuai ajaran islam. Kawan Nita, karena sudah sampai ilmu kepada kalian, wajib untuk kalian amalkan segera. Mudah banget doanya, tidak panjang melainkan ringkas. Semoga dimudahkan Allah untuk segera menghafalnya. Sampai jumpa lagi pada kesempatan yang akan datang. Salam.

Penulis: Admin

Gravatar Image
Penyuka makanan pedas dan seorang ibu rumah tangga anak dua. Sedang belajar menulis cerita yang baik dan benar. Lulusan Teknik Informatika UNSIQ Wonosobo. Sedang menekuni belajar bahasa Indonesia dan tata bahasa...

Rekomendasi Pembaca