by

Do’a Menjenguk Orang Sakit & Artinya, bukan Get Well Son Ternyata

-Doa, Fikih, Tausiyah-85 views

Do’a Menjenguk Orang Sakit – Sakti adalah ujian, sehingga menjadi hak muslim atas muslim yang lain untuk menjenguk dan mendoakan. Yang namanya doa, tentu permintaan kepada Allah. Baca doa menjenguk orang sakit yang benar. Jangan malah Get well son atau GWS.

Kali ini redaksi khas membawakan doa menjenguk orang sakit yang sesuai sunnah nabi. Tentu saja, kami bawakan juga sumber hadis dan uraian ringkasnya.

Doa ini pendek, namun jangan diremehkan. Penasaran dengan doanya? simak saja pada keterangan berikut ini.

Doa Menjenguk Orang Sakit

 ‘Abdul ‘Aziz dan Tsabit pernah menemui Anas bin Malik. Tsabit berkata pada Anas saat itu, “Wahai Abu Hamzah (nama kunyah dari Anas), aku sakit.” Anas berkata, maukah aku meruqyahmu (menyembuhkanmu) dengan ruqyah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.” Tsabit pun menjawab, “Iya, boleh.” Lalu Anas membacakan do’a,

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

ALLAHUMMA RABBAN NAAS MUDZHIBAL BA’SI ISYFI ANTASY-SYAAFII LAA SYAFIYA ILLAA ANTA SYIFAA’AN LAA YUGHAADIRU SAQOMAN.

Artinya:

“Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.” ( HR. Bukhari, no. 5742; Muslim, no. 2191)

Sekarang tahu kan, kalau menjenguk orang sakit sebaiknya berdoa dengan jenis doa yang benar? karena sakit akan membawa kematian atau kesembuhan, kita perlu berempati.

Doa yang Lain

شَفَكَ اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika.

Artinya,

“Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 115).

Cocok yang mana nih? keduanya sama-sama bagus untuk diamalkan. Semoga bermanfaat doa tersebut ya. Selamat menghafalkan dan mengamalkan. Sampai jumpa lagi di kesempatan yang lain, salam.

Penulis: Admin

Gravatar Image
Penyuka makanan pedas dan seorang ibu rumah tangga anak dua. Sedang belajar menulis cerita yang baik dan benar. Lulusan Teknik Informatika UNSIQ Wonosobo. Sedang menekuni belajar bahasa Indonesia dan tata bahasa...

Rekomendasi Pembaca