by

Kondangan Jangan lupa Baca Doa untuk Pengantin Baru, Gini Doanya!

-Doa, Fikih-132 views

Doa untuk Pengantin BaruAdalah sebuah keharusan untuk menghadiri acara pernikahan. Dan itui anjuran dalam islam. Terlebih di bulan Syawal, lazim sekali banyak orang menikah. Ketika kamu kondangan jangan lupa untuk membacakan doa untuk pengantin baru. Sebab di sinilah urgensi dari kehadiranmu.

Ketika kondangan, selain doa jangan lupakan adab-adabnya. Agar kamu maksimal dapat berkahnya. Nah, di masyarakat umum sekali mendoakan pengantin dengan doa yang tidak sesuai ajaran islam.

Salah satu doa yang umum di masyarakat untuk pengantin adalah, “Selamat menempuh hidup baru,” atau “Samawa til Jannah,” atau semisalnya. Padahal seharusnya doa diperjelas, karena itu sebuah permintaan kepada Allah.

Kali ini, ada ulasan doa pengantin baru berikut adab-adab kondangan. Kawan Nita, jangan lupa doa ini dicatat. Kemudian adabnya dihafalkan. Mari kita simak.

Adab-adab Kondangan Menurut Islam

Wajib Hadir

Menghadiri undangan makan, jamuan pernikahan asalnya hukumnya wajib. Karena Rasulullah ‘alaihi Shalatu Wassalam menerangkan dalam hadisnya,

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda :

إِذَا دُعِيَ أَحَدُكُمْ إِلَى الْوَلِيْمَةِ فَلْيَأْتِهَا

Jika salah seorang diantara kalian diundang menghadiri acara walimah, maka datangilah” (HR. Bukhari no. 5173).

إذا دعي أحدكم إلى طعام فليجب، فإن كان مفطراً فليطعم، وإن كان صائماً فليصل. يعني: الدعاء

Bila salah seorang diantara kalian diundang menghadiri jamuan makan, hendaklah ia memenuhi undangan tersebut. Jika ia tidak sedang berpuasa maka hendaklah ia ikut makan. Dan jika ia sedang berpuasa hendaknya ia mendoakan” (HR. Muslim no. 1431)

Mendoakan Tuan Rumah Setelah Makan

Ada beberapa doa yang bisa dibaca. Dua di antaranya adalah sebagai berikut,

Doa Pertama

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka” (HR. Ahmad IV/187-188).

Doa kedua

اَللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِي، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِي

Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang telah memberi makan kepadaku, dan berkahilah minum kepada orang yang telah memberi minum kepadaku” (HR. Muslim no. 2055).

Doa untuk Pengantin Baru

Ini intinya, doakan kedua mempelai dengan doa yang disunnahkan oleh Rasulullah ‘alaihi Shalatu Wassalam. Berikut doanya.

hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu. Doa tersebut ialah,

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Semoga Allah memberkahimu di waktu bahagia dan memberkahimu di waktu susah, serta semoga Allah mempersatukan kalian berdua dalam kebaikan” (HR. Abu Dawud no. 2130).

Kesimpulan:

Mendoakan pengantin baru bukanlah dengan ucapan selamat seperti yang ada di masyarakat. Atau, ucapan yang disingkat seperti “Samawa” dan ucapan lainnya. Karena doa adalah permintaan pada Allah, sebaiknya diucapkan lengkap serta sesuai dengan ajaran islam. Agar keberkahan didapatkan.

Nah, itulah doa untuk pengantin baru yang bisa segera kamu praktekkan. Jangan lupa untuk mencatat. Share juga ya, biar banyak yang tahu doa sebenarnya. Sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Salam.

 

Penulis: Admin

Gravatar Image
Penyuka makanan pedas dan seorang ibu rumah tangga anak dua. Sedang belajar menulis cerita yang baik dan benar. Lulusan Teknik Informatika UNSIQ Wonosobo. Sedang menekuni belajar bahasa Indonesia dan tata bahasa...

Rekomendasi Pembaca