by

Kamu Muslim? Cek fakta Keutamaan Membaca al-Quran!

Keutamaan Membaca al-Quran – Seorang muslimah yang baik, hendaknya memahami agamanya dengan sempurna. Salah satunya wajib memahami kitab suci al-Quran. Dia adalah sumber ilmu pengetahuan, baik sains, obat, hukum dan semuanya. Jangan cuma dikaji, tapi dibaca ruitn.

Membacanya saja dapat pahala. Setidaknya, sudah dijelaskan oleh nabi Muhammad ‘alaihi shalatu wassalam dalam sabdanya, akan keutamaan membaca al-Quran.

Kali ini, redaksi akan sajikan beberapa hadis tentang keutamaan tersebut. Agar kamu ngga malas lagi membacanya setelah tahu sejuta manfaat dan keutamaannya. So, Kawan Nita, mari kita simak ulasan lengkap dari beberapa hadis berikut.

Membaca al- Quran Berarti sedang Melakukan Ibadah yang Agung

A-Quran adalah sumber firman Allah Azza Wajalla. Sehingga, di sini ada banyak perintah-Nya. Para ulama sepakat, seseorang yang membaca al-Quran berarti sedang melakukan ibadah yang agung.

Perkara itu juga diaminkan oleh banyak sahabat nabi. Salah satunya pada atsar berikut.

“Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhu berkata: “Allah telah menjamin bagi siapa yang mengikuti Al Quran, tidak akan sesat di dunia dan tidak akan merugi di akhirat”, kemudian beliau membaca ayat:

“Lalu barang siapa yang mengikut petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka”. (QS. Thaha: 123) (Atsar shahih diriwayatkan di dalam kitab Mushannaf Ibnu Abi Syaibah).

Sahabat nabi yang lain juga menjelaskan keutamaan membaca al-Quran. Ini atsar yang dimaksud.

“Khabbab bin Al Arat radhiyallahu ‘anhu berkata: “Beribadah kepada Allah semampumu dan ketahuilah bahwa sesungguhnya kamu tidak akan pernah beribadah kepada Allah dengan sesuatu yang lebih dicintai-Nya dibandingkan (membaca) firman-Nya.” (Atsar shahih diriwayatkan di dalam kitab Syu’ab Al Iman, karya Al Baihaqi).

Membaca al-Quran Sebab datangnya Syafa’at (Pertolongan)

Seorang muslim percaya, setelah meninggalnya seorang manusia, dia hidup di alam abadi. Dan nanti, akan terjadi kiamat. Di sanalah akan ditimbang, diadili oleh Allah Sang Penguasa Hari kebangkitan.

Di hari pengadilan itu, manusia butuh pertolongan untuk menolong dirinya, karena di sana harta benda tidak lagi berguna. Yang dibutuhkan amal perbuatan baik. Nabi menjelaskan, al-Quran yang kita baca akan menjadi penolong, kelak di Yaumul Hisab.

Hadis berikut menjelaskan kalau al-Quran benar-benar nyata akan jadi penolong di akhirat.

“Abu Umamah Al Bahily radhiyallahu ‘anhu berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bacalah Al Quran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya” (HR. Muslim).

Membaca al-Quran tidak pernah sia-sia, kan? setiap 1 huruf yang kamu baca akan dilipat gandakan dengan 10 kebaikan. So, masih mau menunda-nunda membaca al-Quran? jangan deh, ya.

“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469)

Sebab Didampingi Malaikat dan Mengalirnya Pahala

Meski kamu baca ngga lancar kamu dapat 2 pahala. Kalau lancar. didampingi malaikat.  Jadi, pilih baca atau tidak? sebagai muslim yang waras, tentu pilih baca al-Quran. Kali ini ada keterangan lengkap soal itu.

Hadis ini akan membuatmu semakin mantap. Simak deh!

“Aisyah radhiyallahu ‘anha meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seorang yang lancar membaca Al Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala” (HR. Muslim).

Membaca al-Quran sama dengan Dagang Anti Rugi

Bayangkan! kamu dagang, tapi ngga pernah rugi, mau ngga? Rasulullah a’alaihi Shalatu Wassalam menjelaskan bahwa orang yang membaca Quran sama dengan berdagang anti rugi.

Camkan baik-baik! jangan sampai kamu justru melupakan membaca al-Quran demi nonton TV atau Sosmed. Simak penjelasan dari Rasulullah berikut.

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Maukah salah seorang dari kalian jika dia kembali ke rumahnya mendapati di dalamnya 3 onta yang hamil, gemuk serta besar?” Kami (para shahabat) menjawab: “Iya”, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Salah seorang dari kalian membaca tiga ayat di dalam shalat lebih baik baginya daripada mendapatkan tiga onta yang hamil, gemuk dan besar.” (HR. Muslim).

Dan hadis berikut.

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30).

Ibnu Katsir rahimahullah berkata,

“Qatadah (wafat: 118 H) rahimahullah berkata, “Mutharrif bin Abdullah (Tabi’in, wafat 95H) jika membaca ayat ini beliau berkata: “Ini adalah ayat orang-orang yang suka membaca Al Quran” (Lihat kitab Tafsir Al Quran Al Azhim).

Asy Syaukani (w: 1281H) rahimahullah berkata,

“Maksudnya adalah terus menerus membacanya dan menjadi kebiasaannya”(Lihat kitab Tafsir Fath Al Qadir).

Kesimpulan

Membaca al-Quran setiap hari, atau sehari 5 jam pun kamu ngga rugi. Sebab Allah membalasnya dengan pahala dan kebaikan berlipat. Nah, setelah tahu keutamaan membaca al-Quran ini apa kamu sudah mulai berpikir untuk merutinkan?

Semoga saja artikel ini membuat pikiranmu lebih terbuka dan menyempatkan membaca walau 1 halaman al-Quran. Selamat praktek.

Penulis: Admin

Gravatar Image
Penyuka makanan pedas dan seorang ibu rumah tangga anak dua. Sedang belajar menulis cerita yang baik dan benar. Lulusan Teknik Informatika UNSIQ Wonosobo. Sedang menekuni belajar bahasa Indonesia dan tata bahasa...

Rekomendasi Pembaca