by

Kultum Ramadhan Singkat: Keutamaan Bulan Ramadhan

-Tausiyah-41 views

Kultum Ramadhan Singkat – Kuliah tujuh menit atau yang lazim disebut Kultum adalah kegiatan ruitn di masjid atau di tempat keagamaan islam. Biasanya dilakukan sebagai pengisi waktu singkat menjelang buka puasa, atau ketika hendak salat tarawih.

Di kalangan lelaki, pengisinya kaum lelaki. Meski begitu tak menutup kemungkinan di kalangan wanita pun ada pengisi ceramah singkat dari wanita. Jika kalian sedang mencari materi yang menarik, singkat dan mudah dipahami. Mungkin artikel di bawah ini bisa untuk dijadikan rujukan. Kita simak yuk.

Kultum Ramdahan Singkat

Keutamaan Bulan Ramadhan Dibanding Bulan yang Lain

Oleh: El Salman Ayashi. Rz

 

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan kepada Allah yang telah memberikan kita nikmat sehat, sempat. Sehingga kita masih berjumpa dengan bulan yang agung, yakni Ramadhan. Meski masih dibayangi pandemic yang entah sampai kapan, kita harus tetap bersyukur.

Sebab kita diberikan izin untuk bertemu dengan bulan mulia. Bulan yang berbeda dengan bulan lainnya, dalam setahun. Setidaknya ada 4 perbedaan dan kemuliaan bulan Ramadhan dibanding yang lain.

  1. Bulan Ramadhan adalah Salah Satu Waktu Dikabulkannya Do’a

Sebuah hadis sahih mengabarkan kepada kita, bahwa,

”Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan,dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan.” (HR. Al-bazaar)

  1. Ramadhan adalah Bulan Diturunkannya Al Qur’an

Allah berfirman dalam alquran, yang artinya:

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” (QS. Al Baqarah: 185)

Para ulama menjelaskan, bahwa salah satu sebab Ramadhan menjadi bulan mulia, bulan berbeda adalah karena adanay malam diturunkannya alquran. Makanya, Ramadhan memiliki banyak malam dan hari istimewa, selain berpuasa saja.

  1. Setan Dibelenggu dan Pintu Neraka Ditutup

Sudah jelas sekali dan sering kita dengar kalau saat Ramadhan tiba, maka setan akan dibelenggu dan pintu neraka ditutup. Sebagaimana diterangkan dalam hadis berikut,

”Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu. (HR. Bukhari Muslim)

  1. Pintu Surga Dibuka

Dalam sebuah hadis dijelaskan, bahwa Ramadhan menjadi saat pintu surga dibuka. Hal ini datang dari sebuah hadis sahih berikut,

”Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.(HR. Bukhari Muslim)

  1. Malam Seribu Bulan

Lailatul Qodar atau malam seribu bulan hanya ada di bulan Ramadhan. Maka, inilah salah satu pembeda dan keutamaan dari bulan Ramadhan yang Mulia. Nah, Adapun keterangan yang menunjukkannya adalah,

”Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr: 1-3).

Itulah kultum yang bisa kami hadirkan dalam kesempatan kali ini. Kami akhiri wabilahit taufiq       wal hidayah. Wassaalamu’alaikum Warahmatullahi wabarakatuh.

Untuk versi Microsof office word silakan download di: Kultum Ramadhan tentang Keutamaan Bulan Ramadhan

Penulis: Admin

Gravatar Image
Penyuka makanan pedas dan seorang ibu rumah tangga anak dua. Sedang belajar menulis cerita yang baik dan benar. Lulusan Teknik Informatika UNSIQ Wonosobo. Sedang menekuni belajar bahasa Indonesia dan tata bahasa...

Rekomendasi Pembaca