by

Kultum Singkat tentang Kejujuran beserta Dalil-dalinya

-Tausiyah-167 views

Kultum Singkat tentang Kejujuran – Materi kuliah tujuh menit mengenai kejujuran dan dalilnya dari alquran serta hadis nabi. Bisa untuk dijadikan materi kultum ramadhan, bagus juga untuk pemula karena ringkas dan padat. Bagi yang sedang mencari materi ceramah singkat tentang kejujuran, inilah yang bisa Anda jadikan bahan materi ceramah di masjid, musalla. Mari kita simak saja selengkapnya di bawah ini.

Kultum Singkat tentang Kejujuran:

Pedagang Jujur Pedagang yang Menang

Oleh: El Salman Ayashi. Rz

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

Jujur adalah sebuah perkara penting dalam kehidupan manusia. Dan jujur adalah perintah Allah dan Rasul-Nya. Kejujuran menjadi pangkal kemenangan dan keselamatan juga. Dalam khutbah ringkas kali ini izinkan saya menyampaikan beberapa hal mengenai kejujuran.

Dalam sebuah hadis dikatakan,

Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiallahu ‘anhu bahwa Rasuluillah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Seorang pedagang muslim yang jujur dan amanah (terpercaya) akan (dikumpulkan) bersama para Nabi, orang-orang shiddiq dan orang-orang yang mati syahid pada hari kiamat (nanti). (HR Ibnu Majah)

Dalam hadis tersebut, ada sebuah pelajaran penting mengenai kejujuran. Pedagang yang jujur akan mendapatkan keutamaan besar di hari kiamat. Dan juga di dunia ini.

Imam ath-Thiibi mengomentari hadis ini dengan mengatakan, “Barangsiapa yang selalu mengutamakan sifat jujur dan amanah, maka dia termasuk golongan orang-orang yang taat (kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala); dari kalangan orang-orang shiddiq dan orang-orang yang mati syahid, tapi barangsiapa yang selalu memilih sifat dusta dan khianat, maka dia termasuk golongan orang-orang yang durhaka (kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala); dari kalangan orang-orang yang fasik (buruk/rusak agamanya) atau pelaku maksiat”.

Pelajaran yang bisa diambil dari Hadis Di atas adalah:

  1. Pedagang yang jujur akan dikumpulkan bersama para nabi, Shidiq, Syuhada di hari kiamat. Akan tetapi sekedar bersama, bukan menyamai dalam kedudukannya. Meski begitu inilah sebuah keutamaan besar.

  2. Berdagang dengan jujur adalah sifat terpuji dan disukai oleh penduduk langit dan bumi

  3. Yang dimaksud jujur dan amanah adalah menyampaikan terus terang dagangannya

  4. Jujur membawa seseorang ke surga dan menjauhkan dari neraka

Demikian penjelasan dari hadis tersebut. Dan ceramah ini kami akhiri sampai di sini dulu. Jika ada yang salah itu murni dari kami, kalau ada yang benar itu dari Allah Jalla Wa sya’nahu. Kita tutup dengan membaca doa Kafaratul Majelis.

 

Versi PDF silakan download di: Kultum Ramadhan tentang Kejujuran

Penulis: Admin

Gravatar Image
Penyuka makanan pedas dan seorang ibu rumah tangga anak dua. Sedang belajar menulis cerita yang baik dan benar. Lulusan Teknik Informatika UNSIQ Wonosobo. Sedang menekuni belajar bahasa Indonesia dan tata bahasa...

Rekomendasi Pembaca