by

Kultum Singkat tentang Sabar: Tiga Macam Sabar dan Dalil-dalilnya

-Tausiyah-102 views

Kultum Singkat tentang Sabar – Ceramah tentang sabar kali ini cocok untuk materi kultum di masjid atau kantor. Dan yang lebih menariknya, materi ini singkat banget. Kalian bisa segera mendownloadnya dalam bentuk PDF atau bisa mengcopy saja. Nah, materi ini sudah disertakan dalil-dalilnya juga. Pokoknya menarik sekali untuk dijadikan latihan bagi yang ingin memberikan ceramah.

 

Tiga Macam Sabar dan Dalil-dalilnya

Oleh: El Salman Ayashi. Rz

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya. Amma ba’du

Allah berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al-baqarah:153)

Sabar adalah sebuah kata ringan diucapkan namun susah untuk dijalankan. Sabar sendiri memiliki makna secara bahasa adalah: Menahan diri.

Sedangkan makna sabar menurut syariat islam ada tiga: (1) pada perkara ketaatan kepada Allah, (2) semua perkara yang diharamkan, (3) takdir Allah yang tidak disukai

1. Perkara Ketaatan

Mungkin kita bertanya, kenapa ketaatan pada Allah butuh sabar? Ketaatan membutuhkan kekuatan. Makanya, jiwa yang terbebani akan merasakan berat. Sehingga kita butuh kesabaran dalam menjalankannya. Simak ayat berikut.

Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.” (QS. Ali Imron : 200).

Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin mengomentari ayat di atas, ”Allah Ta’ala memerintahkan orang-orang mukmin sesuai dengan konsekuensi dan besarnya keimanannya dengan 4 hal yaitu: shobiru, shoobiru, robithu, dan bertakwalah pada Allah.

2. Sabar Menjauhi Maksiat

Kita yakin sabar dalam menjauhi maksiat wajib dilakukan. Contohnya adalah Nabi Yusuf ketika menghadapi godaan wanita. Dan kesabarannya menjauhi maksiat diabadikan oleh Allah dalam alquran.

Yusuf berkata: ‘Wahai Rabbku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika Engkau tidak hindarkan aku dari tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh’.” (QS. Yusuf: 33)

3. Sabar Dengan Takdir Buruk

Adanya pandemi Korona ini membuat tatanan masyarakat luluh lantak. Terutama ekonomi kacau. Inilah saatnya kita mempraktekkan perintah sabar. Dan hal ini sudah difirmankan oleh Allah tabaraka wata’ala dalam alquran.

Maka bersabarlah engkau (Muhammad) sebagaimana kesabaran para rasul yang memiliki keteguhan hati, dan janganlah engkau meminta agar (adzab) disegerakan untuk mereka.” (QS. Al-Ahqaf: 35)

Mengakhiri kultum singkat tentang sabar ini, marilah kita berdoa kepada Allah, meminta taufiq dan hidayah agar diberikan kesabaran selama hidup di dunia. Agar menang di akhirat. Sekian kultum ringkas ini dan marilah kita baca doa kafaratul majelis bersama untuk menutup pertemuan kali ini.

Download versi PDF di: Mega  l  Gdrive

Penulis: Admin

Gravatar Image
Penyuka makanan pedas dan seorang ibu rumah tangga anak dua. Sedang belajar menulis cerita yang baik dan benar. Lulusan Teknik Informatika UNSIQ Wonosobo. Sedang menekuni belajar bahasa Indonesia dan tata bahasa...

Rekomendasi Pembaca