by

Kultum Singkat tentang Sedekah beserta Hadis dan Ayat Quran

-Tausiyah-65 views

Kultum Singkat tentang Sedekah – Dalam materi kultum kali ini akan diulas perihal sedekah. Sedekah adalah salah satu perintah dalam islam. Nabi mencontohkan sedekah dengan baik. Bahkan ada keterangan dari para sahabat, Nabi jika bulan ramadhan akan bersedekah dengan sangat dahysat. Saking dahsyatnya dikatakan kecepatan sedekahnya melebihi angin. Sebagai muslim kita wajib mencontohnya. Lalu bagaimana ulasan sedekah selengkapnya? mari kita simak.

Kultum Singkat tentang Sedekah

 

5 Alasan Mengapa Harus Gemar Sedekah

Oleh: El Salman Ayashi. Rz

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya. Amma ba’du

Dalam sebuah hadis disebutkan,

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling gemar bersedekah. Semangat beliau dalam bersedekah lebih membara lagi ketika bulan Ramadhan tatkala itu Jibril menemui beliau. Jibril menemui beliau setiap malamnya di bulan Ramadhan. Jibril mengajarkan Al-Qur’an kala itu. Dan Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah yang paling semangat dalam melakukan kebaikan bagai angin yang bertiup.” (HR. Bukhari no. 3554 dan Muslim no. 2307)

Sedekah adalah kebaikan. Dan disebutkan dalam hadis di atas bahwa nabi adalah orang yang paling gemar sedekah. Bahkan di bulan ramadhan nabi begitu cepat bersedekah. Sebagai muslim kita wajib meneladani perbuatan nabi.

Di balik itu, ada kok hikmahnya. Lalu apa saja hikmahnya dan adakah alasan selain muttaba’atur rasul? Berikut alasan mengapa harus germar sedekah

1. Bukti Cinta pada Rasulullah

Dalam surat ali imran ayat 31 disebutkan, Allah memerintahkan kepada Nabi-Nya, Muhammad ‘alaihi shalatu wassalam, untuk menyampaikan kepada kaum muslimin, jika memang mencintai Allah hendaknya mengikuti Rasulullah ‘alaihi Shalatu wassalam.

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيم

Katakanlah: ‘Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu”. Allah Mahapengampun lagi Mahapenyayang. (QS. Ali-imran: 31)

Ayat ini sebagai pemutus hukum bagi setiap orang yang mengaku mencintai Allah tetapi tidak menempuh jalan Muhammad, Rasulullah, bahwa dia adalah pembohong dalam pengakuan cintanya itu sehingga dia mengikuti syari’at dan agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad dalam semua ucapan dan perbuatannya. Sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadits shahih, dari Rasulullah, beliau bersabda: “Barangsiapa melakukan suatu amal yang tidak ada perintahnya dari kami, maka amalan itu tertolak.”

2. Mencegah Bala’

Dalam sebuah hadis Rasulullah menjelaskan, bahwa sedekah bisa menolak bala’. Berikut hadisnya, Bersegeralah kalian untuk mengeluarkan sedekah, karena sungguh bencana tak dapat melewati sedekah (HR Thabrani)

Ibnul Qoyyim mengatakan:

Sungguh sedekah itu memiliki pengaruh yang luar biasa untuk mencegah berbagai macam bala bagi pelaku sedekah, meski ia seorang penggemar dosa, orang zalim atau bahkan orang kafir sekalipun.

Dengan sedekah, Allah mencegah berbagai macam bencana. Ini adalah perkara yang telah diketahui oleh semua manusia baik awam atau kalangan terpelajar. Semua penduduk bumi mengakui hal ini karena mereka telah membuktikannya.(Al-Wabil Ash-Shoyyib hal. 31)

3. Melipat Gandakan Harta Benda

Dalam banyak hadis disebutkan bahwa sedekah bisa mengucurkan rezeki harta. Bahkan nabi dengan tegas menyatakan dalam hadis berikut.

Infaqkanlah hartamu. Janganlah engkau menghitung-hitungnya (menyimpan tanpa mau mensedekahkan). Jika tidak, maka Allah akan menghilangkan barokah rizki tersebut. Janganlah menghalangi anugerah Allah untukmu. Jika tidak, maka Allah akan menahan anugerah dan kemurahan untukmu. (HR. Bukhari Muslim)

Juga dalam kitab suci, disebutkan bahwa Allah akan mengganti setiap rupiah yang dikeluarkan.

Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya. (QS. Saba 39)

4. Mendapatkan Pahala Berlimpah

Sedekah untuk orang yang berpuasa, Anda akan mendapatkan pahala semisal yang berpuasa tanpa mengurangi sedikitpun pahala Anda.

Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun juga.(HR. Tirmidzi, no. 807; Ibnu Majah, no. 1746; dan Ahmad, 5:192, dari Zaid bin Khalid Al-Juhani. At-Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan sahih. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini sahih).

5. Demikian Banyak Manfaat Sedekah

Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan bahwa manfaat sedekah begitu banyak, hanya Allah yang bisa menghitungnya, di antara manfaatnya adalah:

Sungguh bersedekah itu mencegah kematian yang jelek, mencegah malapetaka (bala), sampai sedekah itu melindungi dari orang yang zalim. Ibrahim An-Nakhamengatakan, rang-orang dahulu memandang bahwa sedekah akan melindungi dari orang yang suka berbuat zalim.Sedekah juga akan menghapus dosa, menjaga harta, mendatangkan rezeki, membuat gembira hati, serta menyebabkan hati yakin dan berbaik sangka kepada Allah. (ddah Ash-Shabirin wa Dzakhirah Asy-Syakirin, hlm. 313).

Jika begitu banyak manfaat sedekah mengapa kita tidak melakukannya? mari kita renungkan bersama-sama. Semoga kultum singkat tentang sedekah ini bermanfaat untuk kita semua. Dan marilah kita tutup dengan doa kafaratul majelis.

Versi PDF silakan download di: Materi Kultum Singkat tentang Sedekah

Penulis: Admin

Gravatar Image
Penyuka makanan pedas dan seorang ibu rumah tangga anak dua. Sedang belajar menulis cerita yang baik dan benar. Lulusan Teknik Informatika UNSIQ Wonosobo. Sedang menekuni belajar bahasa Indonesia dan tata bahasa...

Rekomendasi Pembaca