by

5 Makanan Buka Puasa Simpel dan Praktis untuk Sekeluarga

-Gaya, Tausiyah-19 views

Makanan Buka Puasa – Buka puasa adalah saat yang ditunggu. Apalagi ketika buka puasa bersama keluarga. Nah, kawan Nita sekalian. Sebagai orang yang bergelut di dapur ada baiknya kalian memahami banyak resep. Namun resep saja kadang ngga cukup. Jadi, kalian harus ada eksplorasi dan ide. Kali ini ada beberapa ide yang mungkin bisa kalian contoh.

Ada banyak makanan berbuka puasa. Mulai yang ribet sampai yang praktis, kali ini kita simak beberapa contoh makanan pembuka puasa yang simpel namun enak. Sudah siap? jangan lupa siapkan juga kertas dan pena. Kita mulai.

Makanan Buka Puasa Simpel dan Praktis

1. Olahan Kurma

Kurma adalah makanan pembuka puasa paling disukai nabi. Bahkan nabi memerintahkannnya, maka hukumnya adalah sunnah berbuka dengan kurma. Kadang, ada yang ngga doyan kurma, gimana dong? Tenang. Kurma ngga harus dimakan utuh. Namun bisa diolah.

Olahan kurma beragam banget. Misal kurma dicampur susu, kemudian blender. Atau bisa kurma dibuat nabidz. Atau kurma dicampur buah semangka, pepaya. Bisa juga kurma dan keju. Ada banyak olahan kurma yang bisa buat buka puasa sekeluarga.

2. Buah Segar

Pasti banyak yang suka. Buah segar selain rasanya enak, dia juga menyegarkan sebab setelah seharian berpuasa tentu dahaga melanda. Nah, buah segar bisa menghilangkan dahaga sebelum menyantap makanan berat. Secara kesehatan sangat dianjurkan.

Buah segar ngga perlu mahal. Bisa kamu cari pepaya, mangga, atau bisa semangka. Nah, bisa juga kreasikan. Misal buah segar dan chia seed. Atau buah segar dalam 2 jenis. Enak, mudah, murah lagi.

3. Aneka Olahan Kolak

Kolak seakan jadi makanan pembuka puasa paling top, populer. Karena kolak selalu ada hampir di setiap rumah ketika buka puasa tiba. Dan kamu bisa mengkreasikan sendiri. Mulai kolak pisang, ubi, singkong atau kolak mutiara. Pokoknya semua olahan kolak enak dijadikan makanan buka.

Kalau ngga mau repot bikin, kawan Nita bisa beli saja. Sepuluh ribu rupiah bisa untuk 4 orang, murah kan? murah banget. Ngga ribet juga.

4. Gorengan

Di kota besar ataupun kecil berbuka dengan gorengan menjadi salah satu menu andalan. Tapi ingat ya, sebaiknya konsumsi air putih dulu dalam jumlah banyak. Karena minyak dalam gorengan bisa bikin batuk. Sebab seharian tenggorokan kosong. Maka jangan langsung gorengan.

Kawan Nita minumlah 1 gelas air, makan gorengan. Baru ditutup dengan air putih lagi. Ini idealnya agar sehat.

5. Sup Buah

Sup buah bisa dibeli di pinggir jalan. Selain murah, dia juga disukai. Atau kalau mau simpe bisa buat sendiri. Cara buatnya mudah banget. Bisa padukan 2 buah saja dengan air gula dan sedikit santan. Untuk resepnya, silakan cek artikel cara membuat sup buah.

Ok, sampai di sini semoga kawan Nita sekalian pada paham ya. Buka puasa ngga perlu mewah, apalagi harus menghabiskan uang banyak. Atau harus nongkrong di caffe apalagi resto. Contoh makanan buka puasa kali ini, semoga bisa menginspirasi. Salam.

Penulis: Admin

Gravatar Image
Penyuka makanan pedas dan seorang ibu rumah tangga anak dua. Sedang belajar menulis cerita yang baik dan benar. Lulusan Teknik Informatika UNSIQ Wonosobo. Sedang menekuni belajar bahasa Indonesia dan tata bahasa...

Rekomendasi Pembaca