by

4 Manfaat Kopi Pahit untuk Kesehatan Jantung Ini bukan Hoax

Manfaat kopi pahit bukan cuma sebagai penghilang kantuk. Tapi juga menjaga kesehatan jantung. Meski begitu, tetap pahami kondisi kamu ya, jika kamu termasuk sensitif pada Kafein jangan kebanyakan ngopi. Sebaiknya hindari saja.

Di Indonesia, kopi adalah minuman yang sedang trend saat ini. Ribuan kedai kopi berdiri dengan alasan gaya. Padahal, dilansir Klikdokter (6/6/2021), minum 2-4 gelas kopi sehari, bisa melindungi otot jantung dan kematian dini. Hal ini dikuatkan oleh penelitian di Luar negeri.

Penelitian melibatkan berbagai macam objek, seperti tikus, orang prediabetes, dan obesitas. Peneliti mengaku bahwa studi epidemiologi itu sudah melibatkan sekitar 400.000 partisipan.

“Hasil studi harus mengarah pada strategi yang lebih baik untuk melindungi otot jantung dari kerusakan, termasuk pertimbangan konsumsi kopi atau kafein sebagai faktor makanan tambahan pada populasi lansia,” kata salah satu peneliti dari IUF-Leibniz Research Institute for Environmental Medicine di Duesseldorf, Judith Haendeler.

Setidaknya ada 4 manfaat minum kopi untuk kesehatan jantung. Namun syaratnya adalah kopi murni alias tanpa gula, jika ingin mendapatkan manfaatnya.

Manfaat Kopi Pahit untuk Kesehatan Jantung

 

1. Melawan Radikal Bebas

Manfaat kopi pahit

Polifenol pada kopi bertindak sebagai zat anti oksidan, kemudian akan menjadi musuh bagi antiradikal bebas. Dari sini, dia akan menjadi pembersih pembuluh darah.

Selain itu, dia juga menjadi pelindung untuk beberapa macam penyakit lainnya, bahkan disebutkan dalam sebuah artikel, kopi pahit bisa melawan diabetes. Tentu saja pradiabetes.

Polifenol bertindak sebagai zat antioksidan untuk membantu melawan peradangan sistemik dan menetralisir radikal bebas. Sehingga kesehatan jantung bisa meningkat

2. Mengurangi Resiko Gagal Jantung

manfaat kopi pahit

Dalam jurnal American Heart Associantion. Pengujian pada 3 jenis partisipan, mereka yang minum kopi lebih banyak memiliki resiko gagal jantung lebih minim. Artinya, jantung mereka lebih sehat.

Fakta ini dijabarkan oleh Framingham Heart Study yang menemukan adanya penurunan 5%-12% risiko gagal jantung dibandingkan dengan peserta yang tidak minum kopi. Tapi, sekali lagi kopi murni tanpa gula. Bukan kopi susu atau kopi dengan perasa

3. Membantu Pemulihan Jantung dan Kematian Sel

manfaat kopi pahit 03

Dilansir dari Newsweek, Minggu (6/6/2021), penelitian mengenai manfaat kafein menyebutkan, kafein dapat membantu protein p27 untuk mengatur kekuatan sel-sel bernama mitokondria. Protein.

Dari sini, dapat dilihat bahwa minum kopi pahit sesuai porsi akan membantu pemulihan dari serangan jantung dan kematian sel.

Tak berhenti di situ,  peningkatan mitokondria akibat kafein pada kopi dapat berfungsi sebagai strategi terapi yang potensial. Menurutnya, hal ini tidak berlaku hanya pada jantung saja, melainkan organ penting lainnya.

4. Menurunkan Resiko Penyakit Pembuluh Darah

Manfaat kopi pahit 04

Sebuah penelitian dengan jumlah 53 jenis testimoni, mereka yang minum kopi 2-4 cangkir sehari, memiliki penurunan penyakit Kardiovaskular lebih dari 10%.

Dan ini sebuah kabar gembira tentunya. Akan tetapi takaran harus pas, tidak boleh berlebiha. Karena meski bisa menyehatkan kopi juga memberikan efek buruk jika dikonsumsi berlebihan.

Penyakit ini bisa mematikan juga. Makanya, jurnal mengenai kopi adalah sebuah kabar gembira.

Takaran Kopi untuk Kesehatan Jantung

Yang pertama pahami, syarat kopi bikin sehat jantung adalah kopi tanpa gula alias kopi pahit. Menurut dokter Mega Inderawaty, batas aman konsumsi kafein dalam kopi adalah 200-300mg perhari. Jika dihitung setara 2-4 gelas kopi. Ini adalah batas aman.

Bagaimana dengan jenis kopinya? dr. Ega memberikan perkiraan kandungan kafein pada jenis-jenis kopi sebagai berikut:

  • Kopi hitam 8 ons (237 ml) mengandung 95-200 mg kafein
  • Kopi decaffeinated 8 ons (237 ml) mengandung 2-12 mg kafein
  • Espresso 1 ons (30 ml) mengandung 47-75 mg kafein
  • Espresso decaffeinated 1 ons (30 ml) mengandung 0-15 mg kafein
  • Kopi instan 8 ons (237 ml) mengandung 27-173 mg kafein
  • Kopi instan decaffeinated 8 ons (237 ml) mengandung 2-12 mg kafein
  • Late atau moca 8 ons (237 ml) mengandung 63-175 mg kafein

Nah, sekarang sudah tahu kan Kawan Nita, soal  manfaat kopi pahit untuk kesehatan? kalau begitu, yuk mulai buang kebiasaan menambahkan gula pada kopi agar lebih sehat.

Pemesanan Kopi Indonesia

Fry and Roast

(Roastery dan Penjualan)

Bandung, Jawa Barat

Link Toko Online:

Penulis: Admin

Gravatar Image
Penyuka makanan pedas dan seorang ibu rumah tangga anak dua. Sedang belajar menulis cerita yang baik dan benar. Lulusan Teknik Informatika UNSIQ Wonosobo. Sedang menekuni belajar bahasa Indonesia dan tata bahasa...

Rekomendasi Pembaca