by

Menu Buka Puasa Praktis: Manisan Kolang-kaling Sederhana

Manisan Kolang-kaling – Adalah sebuah manisan berbahan dasar kolang-kaling yang diolah dengan teknik tertentu. Manisan ini menyehatkan dan cocok untuk menu buka puasa. Karena itulah, bagi yang sedang mencari ide sajian buka puasa praktis dan simpel silakan coba manisan kolang-kaling yang enak namun sederhana.

Kawan Nita sekalian, manisan kolang-kaling ini simpel, enak banget. Bahannya juga mudah dicari. Selain cocok untuk menu buka puasa, bisa juga untuk ide jualan. Bisa dikreasikan dengan baik untuk jualan. Contohnya dipadukan dengan keju dan susu kental manis. Atau bisa dengan kuah. Tertarik tahu resepnya? mari kita simak.

Manisan Kolang-kaling

Manisan adalah makanan yang memiliki citrarasa utama manis. Sajian ini umumnya diolah dengan penambahan gula yang cukup tinggi. Manisan bisa dibuat dari berbagai bahan. Ada buha-buahan, dan ini yang lazim. Ada juga pala. Manisan bisa bertahan lama. Karena gula yang ada di dalam buahnya menjadikan pengawet alami.

Bisa disebut kuliner unik. Manisan pun memiliki nilai jual tinggi. Manisan kolang-kaling misalnya, kadang disajikan sebagai oleh-oleh khas suatu daerah. Dan lazim juga disajikan sebagai sajian utama dalam acara keagamaan, misalnya buka puasa.

Manisan kolang-kaling dijual dengan harga yang cukup tinggi, di beberapa toko oleh-oleh dijual dengan harga kisaran antara 15 sampai 30 ribu perbungkusnya, bagaimana jika sekilo, ya? tentu lebih mahal lagi.

Nilai jual tersebut, menjadikan manisan bisa jadi ide jualan bulan ramadhan ataupun bulan biasa. Ok, bagi yang ingin membuatnya, berikut resep yang bisa kalian coba.

Resep Manisan Kolang-kaling

Bahan:

  • 1 kilo kolang-kaling yang warnanya kekuningan, jangan putih
  • 1 liter air
  • 10 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun pandan
  • 300 gram gula pasir
  • 200 gram gula merah
  • Pewarna coklat beberapa tetes

Cara Membuat Manisan Kolang-kaling

  • Cuci kolang-kaling sampai bersih kemudian rendan dengan air selama 4 jam. Jika sudah cuci dan tiriskan hingga benar-benar kering
  • Sekarang rebus kolang-kaling bersama daun pandan dan jeruk selama 20 menitan
  • Jika sudah tambahkan pewarna makanan coklat, lalu aduk
  • Terakhir  beri gula pasir dan gula merah. Masak dengan api kecil sampai benar-benar menyusut airnya

Nah, biarkan di kulkas minimal 12 jam. Baru disantap, enak banget kok manisan kolang-kaling disajikan dingin. Ok, selamat mencoba ya, dan semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semua. Sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Salam.

Penulis: Admin

Gravatar Image
Penyuka makanan pedas dan seorang ibu rumah tangga anak dua. Sedang belajar menulis cerita yang baik dan benar. Lulusan Teknik Informatika UNSIQ Wonosobo. Sedang menekuni belajar bahasa Indonesia dan tata bahasa...

Rekomendasi Pembaca