by

5 Menu Buka Puasa Sederhana dan Praktis Berbahan Kurma

-Resep-30 views

Menu Buka Puasa Sederhana dan Praktis – Buka Puasa yang praktis, enak, selalu jadi idaman. Kurma adalah makanan berkah, dan diberkahi. Karena menjadi santapan berpahala ketika buka puasa. Namun ada kalanya bosan, bahkan eneg. Jika sebulan makan kurma terus, Anak-anak pun bisa bosan.

Kawan Nita, kamu perlu mengakali agar Anak-anak dan suami ngga bosan. Kali ini ada beberapa cara mengolah kurma menjadi menu buka puasa sehat namun sederhana. Seperti apa sih? mari kita simak saja tips yang sudah disiapkan untuk kamu semua.

Menu Buka Puasa Sederhana dan Praktis

1. Kurma Keju

Pernah mencoba? jangan salah, kurma dicampur keju salah satu menu paling disukai nabi. Tetap berpahala dan menarik, apalagi disajikan untuk Anak-anak. Petunjuk yang menyebutkan Rasulullah menyukai kurma dan keju adalah hadis berikut.

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengunjungi kami, maka kami hidangkan kepada beliau, keju dan kurma kering, sedangkan beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat menyukai keju dan tamr (kurma kering) (HR Abu Dawud (no. 3837) dan Ibnu Majah (no. 3343) dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih Ibni Majah (no. 2694) )

2. Kurma Susu

Ngga kalah lezat dengan kurma keju. Kalian bisa memblendernya dan menyajikan begitu saja. Untuk komposisi bisa pakai perbandingan 1: 5. Jadi, 100 gram kurma dipadukan dengan 500cc susu. Sebaiknya pakai susu UHT saja ya.

Soal kandungan gizi jangan ditanya lagi. Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Selain simpel, enak dan sudah pasti menyehatkan. Tertarik? cek resepnya di bawah ini.

Resep Kurma Susu

  • 500cc susu UHT
  • 100 gram kurma buang bijinya

Blender semua bahan sampai halus, bisa direbus untuk menghangatkan atau bisa dicampur es batu, jika ingin lebih dingin. Mudah banget.

3. Kurma Semangka

Ini pun ngga kalah enak. Kurma dipadukan dengan semangka. Semacam salad buah, namun ngga pakai minyak. Semangka dan kurma enak, murah juga. Cara menyajikan cukup mudah. Kamu hanya perlu membuang biji kurma dan potong jadi beberapa bagian, siapkan juga semangka yang sudah dipotong dadu. Beri 1 sendok makan madu. Sajikan.

“Dari Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata Sesungguhnya Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam memakan semangka dengan kurma.” (HR Tirmidzi 1843 dishahihkan oleh Imam Al-Albani dalam Shahih At-Tirmidzi).

Resep Kurma Semangka (untuk 5 Porsi)

  • 50 gram kurma, buang biji dan potong
  • 500 gram semangka. Potong dadu
  • 20 gram madu
  • 1 sendok teh chia seed

Campur semuanya jadi satu. Diamkan 1-5 menit, kemudian sajikan. Bisa disajikan dingin, kalau mau dingin diamkan di lemari es

4. Kurma Timun

Ini kesukaan nabi. Ada hadis yang menyatakan nabi suka memakan kurma dan timun. Lalu bagaimana cara mengolahnya? mudah kok. Ambil timun, ambil kurma buang bijinya. Timun potong atau dimakan langsung. Saat mengunyah timun, makan juga 1 biji kurma.  Baik untuk kesehatan, murah, praktis dan menyehatkan. Sekarang kalian tinggal praktek saja. Kalau mau lebih baik, bisa pakai kurma ajwa Madinah atau Ajwa Aliyah organic.

“Aku melihat Rasulullah makan buah mentimun dengan ruthab” (kurma basah) (HR. Bukhari Muslim)

5. Puding Kurma

Simpel, praktis dan sehat. Bosan dengan buah-buahan sekarang kita bikin puding atau agar-agar. Nah, caranya juga mudah banget. Ngga perlu ribet dengan bahan dan cara membuatnya. Kita simak resep dan cara membuat.

Resep:

  • 100 gram kurma buang biji dan potong
  • 1 bungkus agar-agar plain

Rebus agar-agar dengan air sampai matang dan sisihkan pada wadahnya. Ketika proses pendingingan masukkan kurma secara merata. Diamkan sampai dingin dan sajikan ketika buka puasa.

Mudah banget, bukan?

Nah, dari daftar Menu Buka Puasa Sederhana dan Praktis di atas mana yang disukai? kurma adalah makanan terbaik. Bahkan kurma ajwa disebutkan berasal dari surga. Jadi, selalu kita utamakan kurma untuk buka puasa. Semoga Allah memberikan rahmat dan hidayah serta kesehatan, agar dimudahkan menjalankan puasa. Semoga bermanfaat. Salam.

Penulis: Admin

Gravatar Image
Penyuka makanan pedas dan seorang ibu rumah tangga anak dua. Sedang belajar menulis cerita yang baik dan benar. Lulusan Teknik Informatika UNSIQ Wonosobo. Sedang menekuni belajar bahasa Indonesia dan tata bahasa...

Rekomendasi Pembaca