by

7 Menu Buka Puasa yang Sehat Praktis Mudah Dibuat

-Gaya, Resep-56 views

Menu buka puasa yang sehat– Puasa Ramadhan 29 atau 30 hari lamanya. Makanya harus pandai-pandai menjaga kesehatan. Kebanyakan orang buka puasa tanpa peduli dengan itu, ada yang langsung makan gorengan. Ada yang langsung es, padahal usus baru kosong selama sekian lama idelanya isi dengan air hangat dulu atau kurma yang manis.

Nah, kali ini ada banyak ide soal menu buka puasa sehat. Kawan Nita sekalian, jika kalian ingin menghadirkan yang terbaik untuk keluarga, agar puasa betah sebulan dan terhindar dari penyakit silakan simak ide menu di bawah ini. Tertarik? yuk simak.

Menu Buka Puasa yang Sehat

1. Perkedel Tahu Sayuran

Karbohidrat sayuran sangat cocok untuk buka puasa. Selain itu protein dari tahu dan telor sangat cocok jika dipadukan. Nah, menu pertama yang bisa kamu coba adalah perkedel tahu sayuran. Resepnya ada di bawah ini, ya Kawan Nita.

Resep Perkedel Tahu

Bahan:

  • 2 buah tahu putih hancurkan sampai lembut
  • 1 buah wortel iris korek api
  • 1 ikat bayam ambil daunnya saja dan cincang lembut
  • 3 butir telor

Bumbu Halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 1 siung bawang merah
  • 1 sendok teh merica
  • Penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat:

  • Campur tahu, sayuran, dan bumbu halus. Kemudian bentuk sesuai selera
  • Sekarang kocok telur sampai berbusa
  • Celupkan tahu ke dalam telor kemudian goreng sampai matang
  • Lakukan untuk semua adonan

2. Soto Ayam Jawa Bening

Nah agak berpikir sedikit sih. Tapi tenang, kita akan bikin versi simpelnya. Soto pun makanan sehat. Kali ini kita akan membuat tanpa ada campuran nasi sama sekali. Karbohidrat kita ganti dengan kentang. Dan menggunakan ayam jawa bukan ayam biasa. Resepnya simak saja ya, Kawan Nita sekalian.

Resep Soto Ayam Jawa Bening

Bahan:

  • Ayam Jawa 1 ekor
  • 250 gram kentang
  • Tauge, sledri
  • Bawang merah goreng
  • 1 buah bawang bombay iris dan cincang

Bumbu Halus:

  • 5 Siaung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 3 butir kemiri
  • 1 centi laos geprek
  • 2 centi jahe geprek
  • 3 lembar daun jeruk

Cara Membuat:

  • Tumis bawang bombay sampai harum lalu masukkan ayam yang sudah dipotong-potong
  • Jika sudah berubah warna, tambahkan 2 liter air lalu diamkan sampai mendidih selama 1 jam.
  • Jika sudah angkat ayam, lalu masukkan bumbu halus dan rempah geprek tambahkan pula penyedap rasa sesuai selera
  • Lalu diamkan sampai 30 menit lagi. Dan angkat
  • Sajikan bersama rebusan kentang dan juga taburan bawang merah, sledri serta suwiran ayam. Jika sudah bisa tambahkan soun yang sudah diseduh.

3. Pecel Sayuran

Alami banget. Dan tentu saja enak. Disukai oleh orang tua, muda. Serius, mudah banget kenyang. Kenyangnya juga tahan lama.  Sehat pun didapatkan juga. Nah jika kamu sedang mencari resepnya, simak saja yuk.

Resep Pecel Sayuran

Bahan:

  • 1/2 ikat kacang panjang rebus
  • 2 buah kentang rebus
  • Tauge rebus
  • 1/2 kol rebus
  • 1 Ikat slada air rebus
  • Telur rebus

Bumbu Kacang:

  • 100 gram kacang tanah goreng
  • 1 siung bawang putih
  • Secuil kencur
  • 10 gram gula merah
  • Cabe rawit sesuai selera
  • Seiris jeruk nipis
  • Ulek semua jadi satu dan campur dengan air separuh gelas belimbing
  • Cara menyajikan. Tata sayuran dengan baik, dan tambahkan separuh telur rebus
  • Siram dengan bumbu kacang
  • Siap dinikmati

4. Capcay Kuah

Ini simpel banget bikinnya. Selain praktis rasanya pun enak. Maka, cocok banget untuk menu buka puasa bersama keluarga. Capcay ada dua jenis lo, ya. Kali ini kita akan bikin versi basahnya. Nah, apa saja sih isinya dan cara membuatnya, mari kita simak.

Resep Capcay Kuah Ayam

Bahan:

  • 250 gram dada ayam iris dadu
  • 100 gram brokoli
  • 100 gram kembang kol
  • 2 buah wortel sedang iris bulat
  • 3 butir telor ayam biasa
  • 1 ikat sawi hijau
  • 100 gram udang

Bumbu Halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 1 sendok teh merica
  • 1 buah bawang bombay iris

Cara Membuat:

  • Dadar telor angkat, iris dan sisihkan
  • Tumis bumbu halus
  • Jika sudah harum masukkan bawang bombay
  • Dan sekarang tambahkan dada ayam
  • Kemudian beri air secukupnya
  • Biarkan sampai mendidih dan air menyusut
  • Sekarang tambahkan sayuran dan juga udang
  • Tambahkan air sesuai selera
  • beri saus tiram
  • Penyedap rasa
  • Diamkan sampai mendidih dan tes rasa. Jika sudah cocok angkat dan sajikan

5. Salad Buah Simpel dan Mudah

Salad buah didominasi rasa manis. Tentu saja jadi favorit banyak orang nih, terutama anak kecil. Salad buah bisa dijadikan ide buka puasa sehat. Saking simpelnya, kamu bisa langsung praktekkan saja. Begini resepnya.

Resep Salad Buah

Bahan:

  •  5 buah stroberi iris jadi dua bagian
  • 2 buah apel merah iris sesuai selera
  • 3 buah pisang iris tipis
  • 5 buah anggur belah jadi dua
  • 1 buah alpokat potong sesuai selera
  • 1 buah naga potong kotak
  • 2 botol Yakult
  • 5 sendok creamer carnation

Cara Membuat:

  • Masukkan buah ke dalam 1 wadah
  • Tuang yakult dan berikan creamer carnation
  • Sajikan di piring ukuran kecil untuk semua anggota keluarga

6. Salad Sayuran Praktis

Nah, ini juga ngga kalah seru. Bisa dipadukan dengan telor rebus. Salad sayuran memang tidak disukai banyak orang, namun dia sehat dan mudah bikin kenyang sebenarnya. Jika kalian ingin menu buka puasa yang sehat cobalah yang satu ini. Ngga butuh waktu lama, cuma 10 menit jadi. Ok, kita lanjut ke resepnya saja.

Bahan:

  • Daun selada secukupnya
  • 2 buah jagung manis
  • 3 buah kentang rebus matang
  • 2 buah wortel rebus setengah matang
  • 5 potong buncis rebus setengah matang
  • 1 buah Mentimun iris dadu
  • 2 buah tomat merah iris jadi 4
  • 2 buah telur rebus
  • Mayonaise
  • Keju parut

Cara Membuat:

  • Campur sayuran jadi satu termasuk telur rebus
  • Beri mayonaise
  • Tambahkan keju parut
  • Berikan 2 sendok makan minyak zaitun
  • Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis
  • Sekarang beri garam himalaya secimit. Skip kalau ngga ada
  • Aduk jadi satu dan diamkan 5 menit
  • Setelahnya sajikan

7. Urap Sayuran Jawa

Bosan dengan daging atau telur? buka puasa dengan yang sehat yuk. Kali ini ada sayuran. Resep urap sayuran jawa akan jadi hit dalam kumpulan kali ini. Yang sudah ngga sabar mari kita langsung saja cek ke resepnya dan praktek.

Resep Urap Sayuran

Bahan:

  • 5 buah kacang panjang
  • 1 ikat kol
  • 20 gram tauge
  • 1 ikat Bayam
  • 1/2 butir kelapa parut muda

Bumbu Halus

  • 1 siung bawang putih
  • Secuil kencur
  • Terasi bakar sedikit
  • Cabe merah sesuai selera

Cara Membuat:

  • Tumis bumbu halus sampai harum
  • Sekarang masukkan parutan kelapa
  • Beri air sedikit
  • Aduk sampai tercampur semua
  • Beri penyedap garam
  • Tes rasa
  • Sajikan sebagai campuran sayuran rebus

Nah, itulah 7 menu buka puasa yang sehat. Ada yang cocok? boleh dong tahu nomor berapa, tulis di kolom komentar favorit kamu yang mana. Kawan Nita sekalian, kalau kamu cocok dengan salah satunya langsung saja eksekusi. Pokoknya dijamin mantul deh resepnya. O, ya, selain itu jangan lupa klik share juga ya jika menurutmu bermanfaat. Selamat mencoba dan  semoga bermanfaat.

Penulis: Admin

Gravatar Image
Penyuka makanan pedas dan seorang ibu rumah tangga anak dua. Sedang belajar menulis cerita yang baik dan benar. Lulusan Teknik Informatika UNSIQ Wonosobo. Sedang menekuni belajar bahasa Indonesia dan tata bahasa...

Rekomendasi Pembaca