by

Menu Buka Puasa: Resep Kolak Pisang tanpa Santan

-Resep-76 views

Resep Kolak Pisang – Sedang mencari menu buka puasa simple namun enak dan menyehatkan? ya kolak. Membuatnya tidak susah. Simpel banget. Seorang pemula dalam dunia masak juga bisa. Jika Kawan Nita sedang berpuasa, dan ingin menu ini sebagai hidangan buka bersama keluarga, simak resepnya.

Kolak tidak perlu bahan yang njlimet. Bahkan bisa dibuat dengan 1 bahan saja, yakni pisang. Meski begitu, ada kalanya ditambah dengan bahan lain, kayak kolang-kaling misalnya. Selain pisang bisa juga pakai ubi. Namun kali ini kita akan praktek kolak yang simpel banget. Bahkan tidak perlu santan seperti biasanya. Cocok untuk kamu yang ngga suka ribet. Artikel kali ini akan menjadi inspirasi menarik. Simak saja yuk.

Resep Kolak Pisang Tanpa Santan

Bahan:

  • 7 Buah pisang raja matang iris serong atau iris tebal. Sesuaikan dengan selera saja
  • 1000 ml air. Boleh air matang, namun air biasa saja sudah cukup
  • 3 Lembar daun pandan, ikat simpul
  • Gula pasir dan gula merah sesuai selera. Bisa pakai perpaduan gula pasir 250 gram dan gula jawa 100 gram
  • Garam sedikit seujung sendok teh.

Cara Membuat:

  • Rebus air dan gula pasir, gula merah dan daun pandan sampai mendidih
  • Sekarang masukkan pisang yang sudah dipotong. Aduk dan diamkan sampai mendidih
  • Tunggu sampai mendidih dan pisang empuk
  • Tes rasa, jika sudah empuk tambahkan garam dan angkat

Sudah selesai lo, kolaknya. Tapi kalau mau kreasi juga bisa. Tinggal padukan antara pisang dengan bahan lain. Kalau ngga mau repot bisa pakai santan kara 1 bungkus saja. Atau bisa juga beli santan di pasar kok. Di bulan puasa, menu buka puasa yang satu ini sangat dirindukan.

Jika Kawan Nita sekalian merasa resep ini mudah sekali,  segera saja kamu eksekusi. Semoga resep kali ini bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi di saat berbuka bersama keluarga. Ditunggu cerita suksesnya bikin kolak. O, ya, kalau kamu merasa artikel ini bermanfaat jangan lupa klik share. Sampai jumpa lagi pada kesempatan yang akan datang. Salam.

Penulis: Admin

Gravatar Image
Penyuka makanan pedas dan seorang ibu rumah tangga anak dua. Sedang belajar menulis cerita yang baik dan benar. Lulusan Teknik Informatika UNSIQ Wonosobo. Sedang menekuni belajar bahasa Indonesia dan tata bahasa...

Rekomendasi Pembaca