by

Sudah Tahu Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal? Cek Faktanya yuk!

-Q&A Islam-116 views

Bulan ramadan baru saja berlalu. Meski begitu aromanya masih kental terasa. Di bulan tersebut ada kewajiban pemeluk agama islam untuk membayar zakat fitrah. Ada pertanyaan mengenai perbedaan zakat fitrah dan zakat mal.

Muslimah harus paham soal itu, karena keduanya adalah perintah dalam agamanya. Dan pertanyaan yang datang, kurang lebih seperti di bawah ini.

 

Pertanyaan:

Ukhti admin, bisakah membantu saya dalam memahami zakat mall dan zakat fitrah.  Mohon jelaskan perbedaan zakat fitrah dan zakat mal? (Syifa***@gm**il.com

 

Jawaban:

Bismillah, zakat adalah salah satu dari perintah wajib dalam islam. Zakat memiliki banyak jenis, dan salah satu yang sering kita dengar adalah zakat Fitrah. Di kalangan para ulama zakat ini disebut sedekah fithr.

Dalil zakat dari Al-Quran

Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’” (QS. Al Baqarah: 43)

Dalil zakat dari Hadis

Islam dibangun di atas lima perkara: bersaksi bahwa tidak ada ilah (sesembahan) yang berhak disembah melainkan Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya; menegakkan shalat; menunaikan zakat; menunaikan haji; dan berpuasa di bulan Ramadhan.”

Keutamaan Membayar Zakat

Ada sebuah hadis yang dengan jelas menerangkan mengenai keutamaan membayar zakat. Berikut hadisnya

Tidaklah suatu kaum enggan mengeluarkan zakat dari harta-harta mereka, melainkan mereka akan dicegah dari mendapatkan hujan dari langit. Sekiranya bukan karena binatang-binatang ternak, niscaya mereka tidak diberi hujan.” (HR. Ibnu Majah no. 4019. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Mengenal Zakat Fitrah

Dikeluarkan oleh seorang muslim setelah berpuasa selama sebulan penuh di bulan ramadan. Zakat ini dikeluarkan dalam bentuk makanan pokok dengan ketentuan yang sudah disebutkan oleh nabi dalam hadis.

Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fithri dengan satu sho’ kurma atau satu sho’ gandum bagi hamba dan yang merdeka, bagi laki-laki dan perempuan, bagi anak-anak dan orang dewasa dari kaum muslimin. Beliau memerintahkan agar zakat tersebut ditunaikan sebelum manusia berangkat menuju shalat ‘ied.” Muttafaqun ‘alaih. (HR. Bukhari no. 1503 dan Muslim no. 984).

Faidah:

  • Zakat fitrah dikeluarkan sejumlah 1 sho’ gandum atau kurma
  • Dikeluarkan sebelum berangkat salat ‘ied.

Bahkan sahabat Ibnu Abbas berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fithri untuk mensucikan orang yang berpuasa dari bersenda gurau dan kata-kata keji, dan juga untuk memberi makan miskin. Barangsiapa yang menunaikannya sebelum shalat maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah.

Mengenal Zakat Mal

Ada sebuah ayat dari kitab suci, Allah Subhanahu wata’ala berfirman

Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. At-Taubah: 103)

Siapa yang wajib membayar zakat mal?

  • Islam dan merdeka
  • Tidak dipersyaratkan harus baligh dan berakal. Karena orang gila dan anak kecil jika memang memiliki harta yang sudah memenuhi syarat juga tetap dikeluarkan zakatnya.

Berkaitan dengan harta yang dikeluarkan, syarat yang harus dipenuhi adalah:

  • Harta tersebut dimiliki secara sempurna
  • Harta tersebut adalah harta yang berkembang
  • Harta tersebut telah mencapai nishab
  • Telah mencapai haul (harta tersebut bertahan selama setahun)
  • Harta tersebut merupakan kelebihan dari kebutuhan pokok.

Kesimpulannya:

Jika kamu memiliki harta tersimpan mencapai nishob selama 1 tahu (haul) kamu wajib membayarkan zakat mal tersebut. Berapa perhitungannya?

perbedaan zakat mall dan zakat fitrah

Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal

Dari kedua penjelasan tersebut, sekarang kamu tahu, kan, beda keduanya? tabel atau list perbedaan tersebut bisa kamu simak di bawah ini.

Zakat Mal:

  • Dibayar setahun sekali
  • Harus mencapai nishob
  • Harus sudah haul
  • Dibayar dalam bentuk harta atau uang

Zakat Fitrah:

  • Dibayarkan di bulan ramadan
  • Dibayar dalam bentuk bahan makanan pokok
  • Dibayarkan setelah berpuasa ramadan
  • Tidak ada istilah haul
  • Tidak ada istilah nishob

Kesimpulan:

Zakat mal dibayarkan pertahun jika harta sudah mencapai nishob dan sudah tersimpan selama  1 tahun.  Dibayarkan dengan bentuk harta. Sedangkan zakat fitrah dibayarkan akhir bulan ramadan, setelah melakukan puasa ramadan. Zakat fitrah dibayarkan dengan bahan makanan pokok.

Sampai di sini sudah paham, kan, perbedaan zakat fitrah dan zakat mal? harusnya si sudah. Selamat merenungi artikel ini, dan semoga bermanfaat untuk kalian semua. Sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Salam.

Penulis: Admin

Gravatar Image
Penyuka makanan pedas dan seorang ibu rumah tangga anak dua. Sedang belajar menulis cerita yang baik dan benar. Lulusan Teknik Informatika UNSIQ Wonosobo. Sedang menekuni belajar bahasa Indonesia dan tata bahasa...

Rekomendasi Pembaca