by

Puasa Ramadhan adalah Junnah, Begini Pengertiannya

-Tausiyah-23 views

Puasa Ramadhan adalah – Perintah puasa dalam islam ada dua jenis. Pertama puasa wajib kedua puasa sunnah. Puasa wajib adalah puasa yang diharuskan untuk dilakukan, meski begitu ada syarat dan ketentuannya. Kawan Nita bisa cek di artikel Hukum Puasa Ramadhan, yang telah lalu.

Kali ini akan diulas mengenai puasa ramadhan adalah junnah. Apa sih Junnah? akan diulas lengkap di bawah ini. Pahami ya, agar puasa kalian maksimal.

Puasa Ramadhan adalah Junnah

Manusia diciptakan dengan “keinginan” sehingga jika keinginan itu membesar, ia akan menjadi masalah kalau tidak dikendalikan. Sebagai contoh keinginan untuk melakukan hubungan seksual. Nah, Nabi Muhammad ‘alaihi wassalam memahami dengan baik mengenai syafwat, maka, beliau berpesan kepada para lelaki yang belum menikah untuk berpuasa.  junnah.

Karena dengan puasa bisa menjadi junnah. Apa sih Junnah? Simak hadis berikut,

puasa ramadhan adalah

Kawan Nita, Junnah di sini maksudnya perisai, tameng. Orang yang belum bisa menikah dianjurkan perbanyak puasa agar puasa menjadi junnah. Junnah maksudnya tameng dari syahwat yang besar. Dengan istilah mudahnya dengan puasa dia akan bisa mengendalikan syahwat.

Namun ada hadis lain yang menyatakan bahwa puasa bisa menjadi Junnah dari Api Neraka dan beberapa lainnya. Kita simak hadisnya di bawah ini,

1. Puasa sebagai junnah dunia akhirat

Yang dimaksud adalah keinginan. Jadi, orang yang banyak berpuasa akan memiliki tameng dari syahwat kepada dunia, misal makan berlebih, seks yang tidak halal dan sebagainya. Hal ini diisyaratkan dalam banyak hadis.

Sebagai contoh adalah hadis mengenai wajibnya puasa bagi yang belum mampu menikah.

2. Puasa sebagai junnah dari perbuatan dosa

Orang yang banyak berpuasa, ia mampu mengendalikan syahwatnya. Karena inilah tuntutannya. Dan dengan ini ia akan mampu mengendalikan diri dari berbuat dosa. Simak hadis berikut,

“Bila salah seorang dari kalian berada pada hari puasa, janganlah ia berbuat sia-sia dan janganlah ia banyak mendebat. Kalau orang lain mencercanya atau memusuhinya, hendaknya ia berkata, ‘Saya sedang berpuasa.’.” (HR. Bukhari Muslim)

3. Puasa adalah Junnah dari api Neraka

Inilah salah satu dari keutamaan besar puasa. Dengan puasa kita akan dijauhkan dari api neraka. Dan tentu saja karena kita dijauhkan dari api neraka, maka kita dimasukkan ke surga. Hadis yang menjadi dasar hukumnya adalah sebagai berikut,

“Rabb kita ‘azza wa jalla berfirman, Puasa adalah perisai, yang dengannya seorang hamba membentengi diri dari api neraka, dan puasa itu untuk-Ku, Aku-lah yang akan membalasnya” (HR. Ahmad)

Dalam hadis lain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,

”Puasa adalah perisai yang dapat melindungi seorang hamba dari siksa neraka” (HR. Ahmad).

Ok, itulah arti Junnah dan pengertian serta beberapa keutamaan puasa. Semoga kawan Nita sekalian semakin paham kalau puasa Ramadhan adalah junnah. Dan dimudahkan ibadah puasanya selama 1 bulan penuh.

Penulis: Admin

Gravatar Image
Penyuka makanan pedas dan seorang ibu rumah tangga anak dua. Sedang belajar menulis cerita yang baik dan benar. Lulusan Teknik Informatika UNSIQ Wonosobo. Sedang menekuni belajar bahasa Indonesia dan tata bahasa...

Rekomendasi Pembaca