by

Puasa Tahun 2021 Kapan? Simak Penjelasan di Bawah Ini

-News Islam-59 views

Puasa Tahun 2021 -Ditetapkan berdasarkan dua cara, yakni: Hisab dan rukyah. Hisab berarti dihitung. Maka jika menggunakan metode ini puasa 2021 jatuh 13 April. Namun jika dengan rukyah, harus menunggu hilal.

Beberapa negara sendiri sudah menetapkan 1 Ramadhan 1442 Hijriah atau bertepatan dengan tahun 2021. Namun begitu, sebagai seorang muslim yang hidup di sebuah negara. Maka sebaiknya menanti pengumuman dari pemerintah.

Di Indonesia sendiri ada 2 ormas besar. Keduanya memakai metode berbeda. Maka jika Muhamadiyah sudah bisa tahu 1 Ramadhan, Nahdhiyin atau NU biasanya menunggu berita dari pemerintah setelah melakukan rukyatul Hilal. Rukyatul hilal dilakukan 2 atau 1 hari sebelum prediksi 1 Ramadhan.

Beberapa Negara Muslim Sudah Menetapkan 1 Ramadhan 2021

Uni Emirat Arab, Akhir tahun 2020 ada berita dari Uni Emirat Arab (UEA) bahwa puasa akan jatuh 13 April 2021. Hal ini sebagaimana penetapan dari ahli astronomi bernama Al-jarwan. Namun meski sudah berani mengitung dan memprediksi dia juga masih menunggu keputusan dari pemerintah setempat.

Di tanah air, menurut kalender cetak NU, 1 ramadhan diprediksi jatuh 13 April 2021. Berbeda dengan Muhamadiyah yang sudah mengumumkan 13 April sebagai 1 Ramadhan 1442.

Namun, sebagai ummat yang memiliki pemimpin, selayaknya kita menunggu saja instruksi dari pemerintah setempat. Karena lebih selamat dan tidak akan terjadi perpecahan. Semoga ramadhan tahun ini, Kawan Nita sekalian diberikan kesehatan dan usia panjang. (esa)

Penulis: Admin

Gravatar Image
Penyuka makanan pedas dan seorang ibu rumah tangga anak dua. Sedang belajar menulis cerita yang baik dan benar. Lulusan Teknik Informatika UNSIQ Wonosobo. Sedang menekuni belajar bahasa Indonesia dan tata bahasa...

Rekomendasi Pembaca