by

3 Tip Merawat Wajah Kusam ala Islam dengan Bahan Alami

Inspiranita.com – Segudang kesibukan kaum Hawa, biasanya banyak berefek pada kesehatan. Tak terkecuali kesehatan kulit. Bagi yang berdompet tebal, masalah kulit selesai hanya dengan berkunjung ke praktek skincare. Namun yang dompet tipis, hanya bisa berkeluh-kesah. Akan tetapi, islam memberikan solusi untuk para muslimah soal kesehatan. Bahkan kesehatan kulit sekalipun. Merawat kulit kusam ala islam sangatlah mudah, simpel banget.

Penting kamu pahami, kesehatan kulit erat kaitannya dengan: 1) Pola makan, 2) pola istirahat, 3) asupan gizi pada tubuh. Dari sini, ada kesimpulan jika ingin memperbaiki kesehatan kulit pahami juga tiga hal tersebut. Nah, bagi kamu yang memiliki masalah kulit kusam dan ngga pengen keluar duit banyak coba deh solusi yang islam berikan. Ada beberapa tip menarik yang bisa kamu atasi dengan ulasan di bawah ini.

Tip Merawat Wajah Kusam ala Islam

1. Cukup Tidur

Secara medis tidur setidaknya 7-8 jam. Dilansir dari allure.com, tidur yang baik untuk orang dewasa harus memiliki durasi minimal 7 jam. Karena ini berkaitan dengan mental, dan juga kesehatan. Bahkan ada yang berkata kalau tidur kurang dari 7 jam mengakibatkan cepat mati.

Dalam islam, rasulullah mencontohkan cara tidur terbaik. Beliau tidur setelah selesai salat isya, kemudian bangun pada sepertiga malam. Jika salat isya jam 7.30 dan bangun pada sepertiga malam akhir, maka kita hitung dengan mudah adalah mulai jam 8 malam hingga jam 3.30 pagi. Sehingga tidurnya nabi adalah 7,5 jam. Namun nabi berbeda dengan kita. Beliau biasa bangun pada sepertiga malam awal. Bukan akhir.

Dan waktu terbaik untuk tidur adalah malam hari. Hal ini karena Allah berfirman dalam alquran.

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya adalah tidurmu diwaktu malam dan siang hari serta usahamu mencari sebagian dari karuniaNya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan”. (Ar Rum: 23)   

2. Tidak Makan Berlebihan namun Sesuai Porsi dan Cukup Gizi

Percaya tidak, makan berlebihan akan mengakibatkan kita sakit. Contohnya kalian makan gorengan tiap hari berlebihan. Terus makan makanan pedas. Karena tubuh butuh keseimbangan gizi, maka untuk memulihkan kulit kusam kalian harus mengingat makanan yang disantap.

Kalian bisa contoh menu berikut, untuk memenuhi asupan gizi pada tubuh. Agar kulit makin kinclong.

  1. Paprika dan kandungan vitamin A dan C
  2. Brokoli dengan kandungan vitamin dan mineral seperti zinc, vitamin A, hingga vitamin C
  3. Tomat yang memiliki kandungan Beta carotene, lutein, dan lycopene mampu melindungi kulit dari kerusakan.
  4. Ikan dengan kandungan Omega-3
  5. Alpukat yang kaya akan lemak nabati
  6. Walnuts yang mengandun Omega-3 dan Omega-6
  7. Biji bunga matahari yang mengandung vitamin E, selenium, zinc, dan protein
  8. Ubi dengan kandungan zat Beta Carotene

Makan berlebihan, apalagi sampai muntah ada yang mengatakan makruh. Adapun perintah Allah dalam hal ini adalah makan yang sewajarnya.

Makan dan minumlah kalian, namun jangan berlebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang suka bersikap berlebihan. (QS. al-A’raf: 31).   

3. Gunakan Bahan Alami

Minyak zaitun sangat direkomendasikan dalam mengembalikan keremajaan kulit. Jika kamu beli di pasaran, pastikan beli yang asli. Ciri-cirinya juga mudah, jika warnanya kuning pekat dan kental, itu bagus. Kalau warnanya bening jernih dan mirip tidak mirip minyak ini jelek untuk kulit.

Minyak zaitun, di dunia kosmetik pun dipakai dan dianjurkan. Bahkan diakui oleh dunia. Minyak ini berasal dari buah zaitun, di alquran pun ditulis dengan gamblang. Jadi, minyak zaitun adalah minyak yang berasal dari buah yang diberkahi.

“Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon Zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api” (QS. An Nur: 35).

Di sisi lain, ada hadis yang memerintahkan kaum muslimin mengkonsumsi minyak zaitun. Rasulullah ‘alaihi Shalatu wassalam bersabda;

“Jadikanlah Zaitun sebagai idam (makanan pendamping) dan minyakilah rambut dengan Zaitun. Karena ia dari pohon yang berkah” (HR. Ibnu Majah no.2698, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah).

Penutup

Selain menggunakan zaitun, muslimah juga bisa menggunakan madu sebagai masker untuk merawat kulit kusam. Dan tentu saja, madu yang asli bukan madu yang sudah campuran.

Sampai di sini sudah paham bukan, kalau islam juga sangat perhatian dengan kesehatan kulit wanita? kalau begitu, jangan ragu lagi. Asal kalian memakai bahan yang alami dan baik untuk kesehatan saja.

Semoga bermanfaat ulasan di atas. Selamat mencoba dan sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Salam.

Penulis: Admin

Gravatar Image
Penyuka makanan pedas dan seorang ibu rumah tangga anak dua. Sedang belajar menulis cerita yang baik dan benar. Lulusan Teknik Informatika UNSIQ Wonosobo. Sedang menekuni belajar bahasa Indonesia dan tata bahasa...

Rekomendasi Pembaca