by

13 Tokoh Sumpah Pemuda Disertai Fotonya

Kita perlu tahu tokoh sumpah pemuda kenapa? karena itu bagian dari sejarah bangsa Indonesia. Dengan memahami tokoh itu, setidaknya bisa menjadi prolog untuk masa depan kita.

Sumpah pemuda dilakukan pada tanggal 28 Oktober 1928. Sumpah pemuda merupakan awal dari semangat para pemuda dalam berperan merebut kemerdekaan Indonesia.

Kristalisasi semangat para pemuda menjadikan para pemuda di seluruh Indonesia semakin membara, merebut kemerdekaan.

Peristiwa itu sudah berlalu lama. Namun jangan sampai ngga tahu. Sejarah itu harus tetap dikenang dan dipelajari. Kali ini pelajari yuk para tokohnya! dengan mengenal para tokohnya kalian akan tahu semangat mereka. Semoga menginspirasi.

Sebelumnya, dalam kongress tersebut lahirnya beberapa kesepakatan bersama.  Hasil keputusan kongres terdokumentasi pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda

Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Bisa kamu perhatikan, kan, penulisan masih pakai ejaan van Ophuijsen atau ejaan lama.  Peristiwa Sumpah Pemuda diperingati melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Tokoh Sumpah Pemuda dan Biografi Ringkasnya

 

1. Soenario Sastrowardoyo

Tokoh sumpah pemuda

Seorang Sekretaris Perhimpunan Indonesia di Belanda. Beliau juga penasihat yang membidani lahirnya Kongress Sumpah Pemuda. Jasanya besar, ada banyak kiprahnya di Indonesia.

Tokoh ini mungkin jarang kita kenali, lebih tepatnya asing. Tapi jasanya tidak asing. Bahkan sangat besar untuk bangsa Indonesia.

 

2. Johannes Leimena

Tokoh Sumpah Pemuda

 

Dia  lahir di Ambon, Maluku tahun 1905. Dia juga pahlawan nasional. Dia salah satu panitia di Kongress Sumpah Pemuda. Karirnya begitu bagus. Dan dia salah satu pahlawan dari Indonesia Timur.

Jika kamu belum kenal, sekarang waktunya dicatat. Apalagi dia adalah pendahulu kita sebagai bangsa Indonesia.

 

3. Djoko Marsaid

Tokoh pemuda Indonesia

Ketua Jong Java. Dia juga wakil ketua pada Kongress Sumpah Pemuda. Meski namanya tidak dikenal, dan tidak ditulis dalam sejarah, dia memiliki kontribusi besar bagi bangsa ini.

Namanya tetap dikenang sebagai salah satu tokoh penting Indonesia.

4. Soegondo Djojopoespito

Tokoh sumpah pemuda jawa

Beliau yang lahir pada tahun 1905. Seorang aktivis di bidang pendidikan, tinggal dengan Ki Hajar Dewantara. Beliau adalah ketua Kongress Sumpah Pemuda.

Keberhasilannya membawa Kongress menuju sebuah moto kebangsaan yang kita kenal hingga saat ini yaitu: Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa: Indonesia.

5. Amir Syarifuddin Harahap

Sumpah pemuda tokohnya berapa?

Pernah jadi perdana menteri, merumuskan beberapa ide di Sumpah Pemuda. Kiprahnya banyak banget. Namanya mudah dikenali, karena dia sosok terkenal. Dialah 1 dari sekian tokoh sumpah pemuda.

Dan jasanya begitu besar untuk bangsa ini. Bukan cuma dari sumpah pemuda, namun juga di banyak pergerakan yang lain.

6. Adnan Kapau Gani

Aka gani tokoh sumpah pemuda

Wakil perdana menteri Amir Syarifudin. Dia begerak pada Jong Sumatra Bond. Dia juga dokter, politis dan banyak lagi. Berasal dari Palembang, tapi ada yang menyebutkan dari Sumatra Barat.

Dari namanya sih, Kapau, kayak nama daerah di Sumatra barat yang terkenal dengan kuliner nasi kapau.

7. Mohammad Roem

M. Rome tokoh sumpah pemuda

Perumus sumpah pemuda. Pernah jadi Wakil Perdana Menteri, Menteri Luar Negeri, serta Menteri Dalam Negeri pada periode kepemimpinan Presiden Soekarno. Pimpinan perang perebutan Indonesia, diplomat dan mahsiswa Hukum. Banyak sekali kiprahnya.

Dia salah satu putra terbaik bangsa yang menjadi tokoh penting dalam sumpah pemuda.

8. Kasman Singodimedjo

Kasman Tokoh Sumpah Pemuda

Jaksa Agung, Ketua KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat) yang saat ini dikenal sebagai Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). dan beberapa kiprahnya di bidang hukum juga ada. Beliau salah satu penggagas dan juga tokoh sumpah pemuda.

Kasman satu dari sekian putra terbaik bangsa Indonesia. Beliau juga pahlawan nasional kita.

9. Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo

Kartosuwiryo

Ikut membuat teks sumpah pemuda. Beliau memiliki kontribusi besar pada bangsa ini. Namun kita lebih mengenal sosok satu ini sebagai pemberontak, karena ingin mendirikan negara islam Indonesia atau yang disebut NII/DITII.

Sebenarnya apa yang dilakukannya juga terkait dengan politi kala itu. Apapun sepak terjangnya, dia tetap punya jasa untuk Indonesia.

 

10. Sarmidi Mangoensarkoro

tokoh sumah pemuda 002

Dia adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia periode 1949 sampai tahun 1950. Ketika kongres sumpah pemuda pun, dia sering melemparkan pendapat terkait pendidikan di Indonesia.

Nah, meski mantan menteri dia ngga cukup dikenal. Meski begitu, bangsa ini bangga memiliki tokoh sekelas beliau.

11. Mohammad Yamin

Sumpah pemuda tanggal berapa?

Sastrwan, politikus, ahli hukum. Pelopor Puisi Modern Indonesia. Lahir di Talawi, Sawahlunto, Sumatera Barat pada 23 Agustus 1903. Beliau cukup dikenal namanya. Makanya kita begitu mudah mengenal bahwa M. Yamin adalah tokoh sumpah pemuda.

Kecerdasannya membawanya dalam kiprah besar bagi bangsa Indonesia.

12. Wage Rudolf Supratman

Pencipta Indonesia raya

Lahir di Surabaya pada 9 Maret 1903. Hari kelahirannya ditetapkan sebagai hari musik nasiona. beliau pencipta lagu Indonesia raya, pahlawan nasional juga.

Kiprahnya tidak diragukan lagi. Hingga sekarang, beliau tetap dikenang bangsa ini sebagai tokoh besar.

13. Sie Kong Liong

Tokoh sumpah pemuda keturunan cina

Peristiwa kongres pemuda atau sumpah pemuda ada di kramat raya. Tahu ngga, ternyata rumah itu milik seorang WNI Keturunan, namanya Sie Kong Liong. Beliau memang tidak tampil di depan umum.

Namun orang tahu beliau menyediakan tempat untuk sebuah kongres besar bagi kemajuan bangsa ini. Dan beliau satu-satunya keturunan Cina yang ada jadi tokoh sumpah pemuda.

 

Nah, itulah serangkaian tokoh sumpah pemuda yang terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928. Meski peristiwa itu telah lampau, wajib kita pelajari agar semangatnya selalu muncul pada bangsa ini. Sekian dan sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang.(Sumber)

Penulis: Admin

Gravatar Image
Penyuka makanan pedas dan seorang ibu rumah tangga anak dua. Sedang belajar menulis cerita yang baik dan benar. Lulusan Teknik Informatika UNSIQ Wonosobo. Sedang menekuni belajar bahasa Indonesia dan tata bahasa...

Rekomendasi Pembaca